Tuesday, October 16, 2012

Lima Model Bisnis Internet

Judul lima model bisnis internet tidak terus mempersempit peluang bisnis yang ingin anda jalankan di internet. Ini hanya sekedar untuk memetakan jalur bisnis internet mana yang akan dipilih dan kemudian bisa lebih fokus untuk mendalaminya. Atau bisa juga memilih kelima jalan itu. Tapi harus di ingat harus hati-hati dalam menjalaninya. 
Banyak jalan menuju Roma, begitu pepatah klasik. Begitu banyaknya cara untuk berbisnis di internet pada dasarnya adalah untuk mencari $ (uang). Nah, dari cara-cara yang di gunakan tersebut secara garis besar memiliki 5 model bisnis internet : 
1. Sell Your Own Product. (Jual Produk)
Kita punya barang dan kita memasarkannya melalu internet. Barang yang dijual merupakan barang yang kita miliki dengan memanfaatkan media internet untuk memasarkan. Jenis usaha ini sangat banyak sekali di internet. Produknya yang bisa di jual bisa berupa produk fisik/berwujud atau produk digital/tidak berwujud, seperti MP3, ringtone, software, e-book, membership/keanggotaan, dan jual pakaian semisal batik, jual film dan lain-lain.
2. Sell Your Own Services (Jual Jasa)
Dalam hal jual jasa kita di tuntut untuk memiliki keahlian. Tanpa keahlian tidak ada yang akan bisa di jual. Contoh dari jual jasa ini misalkan pembuat website, jasa membuat desain logo/banner, jasa menulis artikel, jasa menerjemahkan, jasa membuat e-book, jasa membuat software, banyak lagi.
3. Affiliate Marketing (Memasarkan Produk)
Sebagai mana seles dalam dunia riil. Di internet kita juga bertindak sebagai sebagai seles untuk memasarkan/
menjual / mereferensikan produk atau jasa orang lain dengan kompensasi komisi untuk setiap transaksi penjualan yang terjadi (Pay Per Sale), untuk setiap lead/prospek yang diberikan (Pay Per Lead), atau untuk setiap klik yang dilakukan (Pay Per Click).
4. Contextual Advertising (Penyedia Iklan) 
Kita harus memiliki media internet dengan trafick yang tinggi, dari sini kemudian akan banyak menarik minat dari pada pemasang iklan. Penghasilannya diperoleh dari iklan teks, banner, atau  video yang relevan dengan isi website.
5. Site Flipping (Menjual WebSite) 
kategori yang melibatkan transaksi jual-beli website, bisa juga nama domain. Website adalah aset seperti halnya rumah. Pelaku bisnis ini membeli websiteyang nilainya masih rendah, kemudian memolesnya untuk menjualnya kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi. Domain atau alamat di internet juga memiliki harga jual yang tinggi jikalau nama domanain yang telah di boking itu bagus. 

Dari kelima model bisnis ini mana yang akan dipilih ? Ingat saja sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Yang terpenting jangan sampai tenggelam. Beranjak dari satu pulau, kemudia menuju ke pulau ke dua, dan ketiga hingga sampai ke pulau ke lima. Dengan ke-Istiqomahan pengalamana akan datang dan membimbing. InsyaAllah. Amin

Salam, 

Pengusaha Gila

0 comments:

Post a Comment